Skip to content

Uneg-uneg tentang feminisme

Chez Lorraine

Di pos ini gw berbagi uneg-uneg gw yang terlalu lama disimpan di draft dan di kepala. Pos ini tentang pikiran dan pandangan gw seputar feminisme khususnya feminisme di dunia maya Indonesia.

Feminisme beberapa tahun terakhir menjadi kata yang tabu diucapkan, bukan hanya di Indonesia tapi di dunia. Bahkan beberapa perempuan yang dalam praktiknya feminis tapi mereka enggan menyatakan dirinya sebagai feminis. Gw pernah begini, 3 – 4 tahun yang lalu di Twitter gw masih pasang feminis di bio gw di sana. Kemudian kata itu gw hapus karena gw lihat beberapa tendensi feminis garis keras yang tindakannya ngga sreg di mata gw.

Yang gw lihat bahasan feminisme di Indonesia itu ada yang berbentuk diskursus di kalangan sendiri, feminis garis keras yang sudah tidak asing dengan pemikiran ini dan lihai berdiskusi. Hanya sayangnya, ada beberapa bahasan yang bikin gw mikir, ini arahnya mau kemana? Apakah bahasan ini mereka tujukan untuk feminis yang…

View original post 771 more words

and now tumblr will undergo purification. i saw everybody packing to leave this site on my dashboard.

on 17 december, who will stay…?

Gallery

IDSBA painting day, 28.11.2018

seeing my own drawing posture captured by other people… no wonder my neck and shoulder often felt stiff :’D

Image

Merchia commissioned by NitipMerch

[napak tilas] BIAF 2015

Acara Baros sudah selesai dari hari Sabtu, tanggalnya cantik juga buat namatin acara, 10/10 [10 Oktober 2015].

Jujur
buat BIAF sebenernya saya setengah antusias :’)) tapi acara ini ‘kan
gratis trus lokasinya deket rumah. Rasanya keterlaluan kalau protes
macem-macem. Kagetnya sih di acara antah berantah itu masih ada barang yang  kejual :’))

Pengunjungnya, kalau kata Vyo mah yang muda sopan-sopan. Banyak yang
anak SMA/SMK, nanya-nanya, kami [Aletheia] teh apa, jualan apa, trus
baliknya bilang ‘terima kasih kak’. Vyo bilang dia terkesan. Vyo terkesan
soalnya lebih sering kejadian yang jagain booth ga dianggep ada gitu sama pengunjung
event, jarang-jarang disalamin. Disini nggak, kami digubris.

Terus yang seumuran atau senior, nanya apa kita teh bisnis kecil atau apa gitu? Ada tamu Jepang tanya-tanya dibantuin penerjemahnya di sebelah dia, dia senyum angguk-angguk pas sadar kalau keberadaan kami mirip dengan circle doujinka di negara beliau.

Saya silaturahmi sama temen kuliah juga.

Nah kata temen kuliah yang kebetulan ketemu di event itu, untuk ukuran ‘event
internasional’ harusnya BIAF lebih whoooaaa lagi. Paling ngga selevel Popcon misalnya.

Eeeehh yaaa… Trus ada mas editor juga kan. Sambil sosialisasi sambil ditagihin progres… *encok*

Pas
hari Rabu ada ujan badai, itu kebetulan barengan jadwal saya periksa gigi juga. Kirain dari klinik bisa cepet selesai, ga taunya harus roentgen lagi. Pas selese
roentgen, di Sekeloa saya kejebak ujan gabisa kemana-mana. Jalanan abis ujan macet
bangeet. Saya sampe lagi ke Cimahi jam 4 sore pas Pola udah mati gaya [lantaran jaga booth sendirian] :’))

Pas  Rabu itu saya udah ninggalin barang di meja sebetulnya, biar gampang nge-display ulang. Pas sore ngecek… Ternyata meja
kita ancur lah kena ujan :)) basah kuyup. Dagangan juga ada yang basah, tapi rata-rata selamat karena diplastikin

Banyak tenant yang minta pindah meja ke booth yang
lebih depan. Emang karena posisi kita di ujung banget deket parkiran,
pengunjung suka ngelewatin/ngga ngacuhin bagian itu :’))

Trus ternyata di apartemen, minimartnya jualan pocky matcha.

Kamis baru ada Vyo, pas pulangnya baru Vyo nyaranin pindah bareng PengPeng nemenin Pola. Jumat Sabtu pengunjung rame.

Panitia
lapangan BIAF rata-rata anak SMA. Saya sempet nanyain beberapa panitia,
ternyata sekolah asal mereka bukan dari cimahi thok. Banyak yang asalnya dari sekolah-sekolah luar Jawa Barat. Mereka mawas diri, mengakui kalau acara BIAF perdana ini banyak kekurangan. Karena ini
kayaknya event perdana yg mereka kelola, ga bisa galak-galak juga ke mereka
:’)) Minusnya, makanan disana mahaaaalll o<< jadi saya ga beli makanan di
areal kantinnya, saya jalan keluar beli makanan kaki lima.

Image

for tkrb 69 minutes on twitter, theme : 

[Origin] vs. [Reflection].

this one is pretty literal :’))

Image

BIAF commission for Ansha