Skip to content

diskusi umum bersama Deden Siswanto

September 8, 2012

27111075:

ya, kemarin ikut kuliah umum dengan dosen tamu pak Deden Siswanto. Ini teh desainer ce-esnya bu Fifi, kaprodi kriya tahun ini. nih biar rame saya kopasin beberapa imej koleksi beliau.

orangnya

saat ini beliau sering ngisi majalah bazaar indonesia, selain sering diundang untuk ngisi pekan2 fesyen show nasional. di kuliah umum yang lebih mirip acara bincang-bincang santai ini, beliau sharing mengenai karya beliau, kiprah beliau di dunia fesyen dan sempet ngasih beberapa masukan buat kami anak2 kriya.

dalam postingan blog ini saya mau share beberapa catatan dari beliau.

beliau bilang kalo karya2 beliau dalam satu rangkaian runway pasti ada unsur kegalauan, disinkronisasi, namun pada akhirnya happy end. kata dia show yang bagus itu memang harusnya ada ceritanya, ada latar belakangnya. meski kebanyakan busana yang diperlihatkan pada fashion show ngga bisa dipakai manusia biasa, fashion show itu esensinya memperlihatkan kabisa/kemampuan si desainer menjahit dan mengolah bahan.

apa sih bedanya desainer fesyen dengan tukang jahit? beliau bertanya, setengah bercanda. mungkin bedanya desainer menjahit untuk ready to wear runway. tukang jahit membuat baju untuk mass production railway. tapi untuk bisa survive di dunia fesyen yang kejam ini seenggaknya seorang desainer butuh 3 modal penting:

  1. mengetahui kekurangan dan kelebihan diri sendiri untuk dijadikan modal utama membangun ‘identitas’/ciri khas
  2. tahu/menguasai sejarah fashion
  3. serta penguasaan terhadap pola/pattern

dengan 3 modal dasar ini, insya alloh seorang desainer fashion akan bisa survive. sisanya tinggal pembuktian dan pencitraan.

nah soal pembuktian dan pencitraan ini, jalannya bisa sangat panjang, deden siswanto saja butuh 10 tahunan, katanya. disinilah peran publikasi media begitu signifikan. publikasi media akan membantu menggariskan kemana jalan kita; tentunya setelah kita tanpa jemu mencari kelebihan dan kekurangan kita sendiri. nah ketika mencari kelebihan dan kekurangan ini, jangan berhenti mencoba hal-hal baru. belajar terus itu penting; apalagi lama jam terbang/pengalaman akan menempa karakter kita.

kendala bagi para desainer amatir barangkali masalah biaya, deden siswanto menyarankan kami untuk magang dan kerja dulu sebelum bikin bisnis sendiri, biar kenal dengan industrinya. selain itu hal lain yang krusial adalah soal pencarian sumber daya manusia/asisten berkualitas; ini juga sebaiknya dipikirkan etikanya. kalau misalnya ilmu sudah cukup dan berniat keluar dari biro fesyen untuk mendirikan label sendiri, janganlah nyolong orang dari biro fesyen sebelumnya. ini ngga etis (tapi kerap kejadian).

Ada temen yang nanya bagaimana sih prospek fesyen indonesia dalam persaingan global? Deden Siswanto bilang, seenggaknya lebih cerah dibanding tahun2 dulu, deperindag menggalakkan banyak fashion week, mulai indonesian fashion week, jakarta fashion week, dll. trus muncul genre baru dalam fesyen yang diusung komunitas berjilbab, ya hijabers itulah. meski beliau terdengar agak pesimis dengan kontinuitas desainer2 instan yang bermunculan seiring badai tren busana muslim ini. seperti yang beliau katakan sebelumnya, penghargaan thd orang2 yg mendedikasikan pekerjaannya dalam desain baru terlihat setelah pembuktian2 dan terbentuk pencitraan.

gitu deh.

setidaknya inilah isi forum yang ketangkep di saya. saya tau isi review ini pasti ga lengkap karena otak manusia itu bersifat selektif, dia cuma milih informasi yang ingin dia dengar. sisanya? wassalam. jadi kalau misalnya saya salah tangkap, atau sekiranya ada tambahan2, jangan ragu mengoreksi; wahai siapapun yang baca!! >,<)/

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: