Skip to content

Identifikasi Fujoshi oleh Osa

May 21, 2014

Semakin maraknya oknum-oknum yang dengan bangga coming out sebagai fujoshi serta banyaknya fandom yang menjadi dasar pembuatan doujin shonen ai sampai BL membuat Osa tergelitik mengklasifikasi fujoshi-fujoshi yang ada.

Alasannya, meskipun semua fujoshi ini pada dasarnya memiliki trait ‘menikmati hubungan tak terjelaskan antar sesama pria’, ternyata ada sifat-sifat khusus yang membedakan satu kaum dengan kaum lainnya.

Berikut ini ulasan singkat dari Osa, dikutip dari sebuah wawancara eksklusif (10/4-2014) dalam platform media sosial. 

☆☆☆

Pertama-tama kita harus menentukan definisinya dulu, baru kita bisa mengelompokkan sampel-sampelnya. Definisi ini masih bisa dikembangkan lagi ya dhek, karena ilmu itu terus berkembang. Apalagi dengan masyarakat yang beragam dan dinamis seperti Indonesia ini.

  1. FUJO PEMULA itu mereka yang baru saja masuk ke lingkaran fujo, masih malu-malu gitu. Bacaannya juga masih yang soft. Kalo ketahuan fujo reaksinya antara: mati-matian nutupi atau tersenyum dikulum lalu mendadak menghilang.
  2. FUJO ALAY itu bisa jadi masih termasuk fujo pemula tapi lebih binal, sok-sokan bacaannya hardcore, tapi disuguhi gore sama scat biasanya ‘idih2’. Menganggap yaoi itu kenyataan yang indah. Semua cowok homo itu ganteunk. Cowo sama cowo saling lirik aja bisa jadi pairing, apalagi gandengan. Well, cowo sama cowo menghirup udara yang sama aja kali udah dianggep pairing. Mereka pejuang pemberani karena nggak malu dalam memperjuangkan dan memberitakan kefujoshiannya.
  3. FUJO GHOIB / CLOSET FUJO fujoshi yang pinter menyaru dalam masyarakat majemuk. Berwajah poker face, gemar menghindari topik yang humu-humu dan punya skill stealth yang tinggi. Berkomunikasi lewat kedipan mata dan senyum di sudut bibir saja. Level kefujoshiannya bisa bervariasi, dari mild hingga hardcore. Lebih senang menikmati dosa dalam bayangan saja.
  4. FUJO MILITAN pejuang tanpa balas jasa, membela pairingnya dengan darah dan air mata hingga tetes penghabisan. Kadang disalahartikan sebagai fujoshi alay karena sama-sama tipe agresif. Kalaupun ada yang tipenya pasif, tapi kalau pairnya disenggol bakal nggak ragu-ragu untuk senggol bacok.
  5. FUJO NINGRAT fujo paling elegan karena mereka mampu melihat situasi. Bisa menyaru dengan baik dan tipe pasif menyerupai fujo ghoib. Fujo-fujo ini paham forum, kapan mereka harus mengumbar kefujoshiannya kapan mereka harus diam. Terbuka terhadap segala pandangan mengenai perihal humu-humu baik di dunia nyata maupun dunia fantasi. Faham bahwa yaoi sekedar hiburan duniawi yang ngga patut diseriusi.

Btw, saya jadi kepikiran. Kalau dilihat dari tipe pergerakannya, masih bisa dibagi jadi FUJO PASIF sama FUJO AGRESIF. Definisinya ada di atas tadi ya.

Kalau dilihat dari level bacaannya, ada FUJO MILD, FUJO INTERMEDIATE sama FUJO HARDCORE. Hmmm :3a dunia fujo ternyata variatif sekali ya.

Satu orang bisa jadi masuk ke beberapa kategori fujo, misalnya ada fujo militan sekaligus ningrat. Mereka tahu kapan harus bicara atau diam, cuma plis jangan senggol pairing mereka. Bisa ada perang dunia.

☆☆☆

Demikian pencerahan singkat yang diberikan Osa pada Jumat, 11 April 2014 ini. Artikel ini bersifat rintisan dan pihak redaksi menerima dengan tangan terbuka masukan dan koreksi dari pembaca sekalian.

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: